Senin, 29 Februari 2016

UJIAN NASIONAL 2016 BERBASIS KOMPUTER, UNBK

Apakah anda siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer di tahun 2016? Bagi anda yang belum tahu maksud dari UNBK atau Ujian Nasional berbasis komputer, admin jelaskan dulu secara sederhana tentang pengertian UNBK, Jadi yang dimaksud UNBK ini adalah sebuah sistem Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan memakai komputer menjadi media utamanya. Jadi jika biasanya Ujian Nasional menggunakan media kertas atau Paper Based Test, maka dunia pendidikan indonesia mengharapkan dapat meninggalkan ujian berbasis kertas dan menggantinya dengan ujian nasional berbasis komputer. Pertanyaanya sudah siapkah sekolah-sekolah untuk menerapkan UNBK?

Sejarah UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer

Ujian Nasional Berbasis Komputer

Ujian Nasional Berbasis Komputer pertama kalinya dilaksanakan oleh pemerinah indonesia pada tahun 2014 silam, kala itu UNBK diterapkan untuk SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur saja. Setelah dilaksanakan pada kedua sekolah tersebut hasilnya adalah menggembirakan dan sesuai target pemerintah selain itu dengan dilaksanakan UNBK ternyata dapat dapat meningkatkan motivasi dalam peningkatan literasi siswa terhadap TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Setelah dirasa sukses melakukan penerapan UNBK pada 2014 yang hanya diterapkan pada dua sekolah, maka pada tahun 2015 pemerintah melakukan perintisan Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan menerapkan sistem tersebut terhadap 555 sekolah yang meliputi 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Rencana Penerapkan UBBK  Tahun 2016

Pemerintah Indonesia merencanakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan sistem semi-online, yang dimaksud semi online disini adalah soal dikirim dari server pusat secara online ke server lokal sekolah melalui jaringan (sinkronisasi), Selanjutnya ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) yang dilakukan dengan offline dan yang terakhir hasil ujian yang telah dilaksanakan disekolah dikirim kembali dari server sekolah emnuju server pusat yang dilakukan dengan online (upload).

Ujian Nasional Berbasis Komputer yang rencananya akan dilaksanakan di tahun 2016 ini hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur yang dimakasud adalah laboratorium komputer yang terdapat pada sekolah.  Bagi sekolah calon penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer yang infrastruktur masih belum memenuhi standar pelaksanaan UNBK dapat mengundurkan diri dari UNBK dan Diijinkan mengikuti UN berbasis Kertas dan Pensil.
Demikianlah Informasi Pendidikan terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK yang dapat blog ini sampaikan, semoga dapat bermanfaat.
Sumber : unbk.kemdikbud.go.id